Selasa, 12 Juli 2016

Babi Ngepet Aja Tahu!

oleh : Made Teddy Artiana

Bukan hendak mempromosikan klenik, dari ratusan spesies hantu Nusantara, penulis sangat tertarik pada "si pencuri duit" Babi Ngepet. Tidak hanya lantaran Babi Ngepet melibatkan 'teamwork' dalam aksinya, namun lebih kepada konsep unik : menjaga api.


Bagi mereka yang belum tahu, Babi Ngepet mensyaratkan setidaknya ada dua 'pemain'. Seorang penjaga api dan seorang yang jadi babinya. Meskipun tinggal di rumah, tugas menjaga api sangat kritikal. Babi Ngepet berada dalam bahaya jika apinya padam. Jadi, penentu keberhasilan pencurian Babi Ngepet ini terletak pada menjaga nyala api.

Sejatinya, Babi Ngepet dalam praktek ilmu hitamnya ini meniru sebuah konsep yang berlaku di dunia putih. Berawal dari sebuah peperangan fenomenal ribuan tahun yang lalu. Nun jauh di Timur Tengah sana, sejarah mencatat peperangan antara sebuah bangsa dengan suku-suku barbar penyembah berhala dan pelaku ritual berhubungan seks dengan binatang.

Yang menarik sebenarnya bukanlah pertempuran itu. Di sebuah bukit tak jauh dari medan perang, tampaklah seorang tua tengah mengangkat sebuah tongkat tinggi-tinggi. Seorang hamba membantu menopang tangannya. Uniknya, ketika tongkat terangkat tinggi ke langit, bangsa itu menjadi unggul dalam pertempuran. Namun ketika mereka kelelahan, dan tongkat itu melorot, hal sebaliknya terjadi. Bangsa itu terdesak oleh musuh. Singkat cerita, akhirnya bangsa itu pun memenangkan pertempuran. Bukan karena lebih kuat dan hebat, namun karena ada dua orang yang "menjaga api" mengangkat tongkat tinggi ke langit.

Ratusan tahun setelah peperangan itu, seorang raja yang konon adalah manusia terkaya dan paling bijaksana disepanjang masa meringkas pertempuran itu kedalam kalimat indah. Sebuah tips yang kemudian menjadi petunjuk bagi siapa pun yang ingin hidup berkemenangan dalam segala hal.

"Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari sanalah terpancar kehidupan".
(*)

foto ilustrasi : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjr1ncAWbnkDtC1eyEPSU24P3c2qaZw6Y-ttwGNE8zIC3VL8SVQcfzy4OFJcj-3E7sNTCmUyW5azb5CyLQ3Q7fKUzNiTcBQddBFT4GzonO1vuDKYOerGGRv9XmpjudwKOT7Awiso9gYycg/s1600/BABI+NGEPET.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments System