Selasa, 12 Juli 2016

Jam dan Kompas



Di suatu hutan, puluhan penebang kayu tampak sedang sibuk bekerja. Memotong pohon, membersihkannya, mengumpulkannya, kemudian mengangkutnya ke atas truk. Demikian sigap dan cepat berusaha memenuhi target pekerjaan. Hingga seseorang muncul. Ia naik ke atas pohon yang tertinggi, dan dengan kompas di tangan ia berteriak mengagetkan “Kita berada di hutan yang salah!”.

Cerita di atas tentu bukan hal asing bagisebagian dari kita. Ia mewakili keadaan yang terjadi tidak hanya di dunia profesional, namun juga di keseharian di jaman modern ini. Kita terlalu sibuk dipacu oleh “jam” (waktu), hingga tidak lagi menganggap penting “kompas” (arah). Kita menjadi orang-orang yang tidak perduli akan arah lagi. Kemanapun asal bergerak. Mengerjakan apa saja asal sibuk. Lalu tiba-tiba tersadar bahwa kita berada di hutan yang salah.

Faktanya, hampir 90% orang bekerja tidak di-passion mereka.

Tidak mengejutkan pula, jika kita mendengar kisah betapa banyak orang sukses dan kaya, tiba-tiba saja mengakhiri hidupnya dengan tragis. Mereka yang berada di puncak, namun merasakan kehampaan yang amat sangat. Korban “jam” tanpa “kompas”.

Peradaban modern yang serba cepat dan tidak sabar ini, menciptakan begitu tools untuk menginstankan hampir segalanya. Penemuan canggih yang diklaim akan mempermudah hidup manusia, lambat laun berbalik menjadi menyibukkan manusia. Sebuah ketergantungan yang tida terbayangkan sebelumnya. Apakah seseorang dapat tenang hatinya, mengetahui bateray smartphonenya dalam keadaan off, selama 3 jam?

Kesuksesan yang hakiki berawal dari visi, atau arah. Sedikit banyak itu bicara minimal tentang dua hal prinsip : mengenai siapa saya dan untuk apa saya hidup. Karena itu sebelum terlambat, naiklah segera ke atas pohon tertinggi, lalu gunakan compass Anda. Karena tanpa itu, maka Anda tidak ubahnya seperti robot-robot cerdas, yang sibuk bergerak, namun sejatinya tanpa berjiwa. Keindahan hidup ini hanya dapat dinikmati secara penuh, jika “kompas” mendahului “jam” Anda (*)

sumber foto ilustrasi : http://previews.123rf.com/images/irochka/irochka1008/irochka100800451/7614025-Visualizzazione-della-bussola-sulla-vecchia-carta-da-vicino--Archivio-Fotografico.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments System